Tanabata Matsuri

Tanabata Matsuri (七夕 祭, Festival Bintang) adalah sebuah festival yang dirayakan tanggal 7 Juli. Berasal dari legenda China dan telah menjadi tradisi Jepang.Ada 2 bintang, bintang Cowherd atau Kengyuusei (Altair) yang datang dari Timur dan bintang Weaver atau Shokujyousei (Vega) yang datang dari Barat, keduanya terlihat 1 tahun sekali.


Tanabata memiliki sejarah panjang dan pada kenyataannya lebih dari 1000 syair/sajak disebut dengan Manyoshu—sajak tertua di Jepang—yang dibuat berdasarkan Tanabata. Selama zaman Edo, Tanabata adalah salah satu dari 5 festival pejabat dan diakui sebagai upacara negara oleh Edo Shogunate. Adapun seorang pelukis bernama Hiroshige yang menggambarkan 100 pemandangan Edo dan semua rumah di kota Edo di dekorasi dengan bambu/rumput bambu yang menjadi karakteristik dari festival tersebut.


Kemudian tahun 1873 (Era Meiji), Tanabata dihapuskan dari upacara negara pada akhir tahun, kerena dianggap sebagai perayaan yang berskala kecil. Sejak saat itu, beberapa hari sebelum Tanabata, toko alat2 tulis mulai menjual kertas khayalan untuk menulis syair/sajak tradisional dan tanaman bambu untuk dijual. Di TK dan SD membuat dekorasi Tanabata dengan menggambar dan menghias kelas mereka. Selembar kertas khayalan yang telah ditulis "Aku ingin menjadi atau ingin seperti..." diikat di bambu sebagai permohonan.




Oleh : Mamori Yui

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes